Motorola VE538, Ponsel 3G Terjangkau


Jika punya akun di Facebook, Friendster, YouTube, atau situs pertemanan lain, nampangin foto kita di sana akan makin gampang saja karena di VE538 sudah di-install ShoZu. Kita tinggal jeprat-jepret foto sepuasnya. Selanjutnya, pencet tombol aplikasi yang terletak antara tombol menu kiri My menu dan tombol Call dan pilih ShoZu. Pilih situs yang akan dikirimi foto, dan unggahan akan berjalan dengan sendirinya.

VE538 dilengkapi kemampuan 3G. Jadi, proses unggah (upload) foto seharusnya berlangsung cepat; tentu saja ini bergantung kondisi jaringan operator yang kita pakai. Setting Internet operator sudah tersedia.

Koneksi 3G, plus kamera sekunder di kiri atas layar, memungkinkan kita melakukan video call. Caranya, pencet nomor yang dituju, lalu pencet Options dan pilih Video call. Cara lain, masuk saja ke menu utama, pilih icon Video call, dan kita tinggal masukkan nomor yang dituju.

Fasilitas 3G tentu saja dapat dipakai untuk jelajah dunia cyber. Motorola memudahkan kita mengakses browser karena secara default, tombol menu kanan didedikasikan untuk Internet. Tapi pintasan tombol menu kanan ini masih bisa diubah peruntukannya. Pintasan navigasi pun bisa disetel ulang untuk aplikasi favorit kita.

VE538 memang dilengkapi 2 kamera, dan keduanya bisa dipakai untuk pemotretan foto maupun perekaman video. Perpindahan antar lensa kamera bisa dilakukan dengan mudah dari menu. Demikian pula perpindahan dari moda foto ke moda video.

Yang agak Sinyal sayangkan adalah tidak adanya tombol kamera; meski kita bisa memakai tombol tengah navigasi untuk tugas itu. Tak ada lampu, pun tak ada cermin. Memang kita bisa pakai kamera sekunder untuk memotret diri sendiri. Tapi resolusi terbesar ada di kamera utama.

Lensa depan hanya mampu memotret dengan resolusi maksimal 640x480, sementara lensa belakang bisa memotret dengan resolusi maksimal 1600x1200. Pada moda foto ada opsi Self timer. Untuk video, resolusi maksimal untuk lensa depan dan belakang sama-sama 176x144. Ada opsi Message mode dan Frame rate (Low, High) pada setting.

Begitu selesai jepret foto atau rekam video, tetap ada opsi pengiriman via MMS, email atau Bluetooth. Atau langsung memakainya untuk menandai kontak. Tapi bagi yang suka mengunggah foto ke situs-situs pertemanan, akan lebih praktis memakai ShoZu dibanding mengirimnya via MMS atau e-mail.

Penambahan kapasitas memori sangat dimungkinkan karena ada slot MicroSD di ponsel ini. Namun tak bisa sembarang cabut-pasang karena slot berada di balik batere. Perhatikan, ketika ponsel dikoneksi ke PC via kabel data, hanya MicroSD yang bisa dibaca dan ini diperlakukan
sebagai drive tersendiri.

Satu hal yang agak mengganggu -setidaknya bagi Sinyal yang berjempol gede- adalah ukuran tombol. Tombol-tombol keypad berukuran kecil dan bersusun lumayan rapat sehingga kami acap terpeleset memencet tombol. Ini utamanya terjadi ketika hendak memencet tombol aplikasi atau tombol clear (panah mengarah ke kiri).

Sinyal melihat Motorola memang sudah berusaha meminimalisirnya dengan membuat jendulan pada tombol. Namun ini akan butuh sedikit waktu untuk membiasakan diri.

Dengan Kata Lain...
Relatif murah untuk sebuah ponsel yang punya fasilitas 3G dan kamera bagus.

PLUS : 3G, dua kamera, ShoZu.

MINUS : Tombol imut.


SPESIFIKASI : Motorola VE538
Harga : Rp 1.800.000
Jaringan : GSM 900/1800 MHz, UMTS 2100
Bentuk : Bar
Dimensi : 107x45x16 mm
Bobot : 84 gram
Batere : Li-Ion 3,7V 910mAh
Waktu siaga : rata-rata 3 hari
Waktu bicara : rata-rata 4 jam
Layar : 2”, TFT, 240x320 pixel, 256 ribu warna
Memori internal : 10MB
Memori tambahan : MicroSD
Konektivitas antar peranti : USB mini, Bluetooth
Konektivitas internet : -
Kamera : 2MP
Ringtone : Polifonik, MP3, AAC
Phonebook : 1000 entri
Messaging : SMS, MMS, e-mail
Aplikasi : Camera, Media player, Internet, Tools (Calendar, Alarm
clock, Calculator, Stopwatch, Sound recorder, World
clock, Unit converter, Voice memo), Games (Jamdat
Sudoku, Tetris), Video calls
Isi paket : Charger, headset, manual

Kompas.com