AsiaFone AF808, Kepraktisan di balik Cermin Mengilat

kompas.com


Penampilan AsiaFone AF808 langsung menarik perhatian Sinyal karena bagian depannya begitu mengilap sehingga bisa dijadikan cermin. Penyembunyian keypad di balik flip membuat "cermin" ini terasa sangat luas. Casing belakang - di bagian penutup batere - dilapis bahan mirip kulit dengan motif deretan huruf AF.

Material mengilap memang membuat penampilan AF808 terasa mewah: apalagi dengan warna gelap yang biasanya diidentikkan dengan kesan klasik. AsiaFone menyebutkan ada 2 versi warna untuk garis, yaitu perak atau emas.

Tapi seperti biasa, permukaan mengilap sangat mudah menyimpan jejak pipi maupun jemari. Flip lumayan tebal sehingga terasa mantap. Yang justru mengganggu Sinyal adalah tombol menu kiri dan kanan yang terasa terlalu mepet dengan batas layar.

Tombol Call 2 dan Audio player terasa menonjol di antara tombol menu dan keypad yang datar. Mungkin ini hendak menunjukkan andalan AF808, yaitu dobel GSM dan Audio player.

Slot SIM ditandai dengan huruf B untuk yang kiri dan huruf A untuk yang kanan. Tombol Call 2 dipakai untuk bertelepon dengan SIM di slot B. Meski kedua SIM aktif, kita tetap bisa menon-aktifkan salah satunya bila diperlukan. Pengaturannya ada di Settings > Dual SIM settings, dengan opsi Dual SIM open, Only SIM1 open, Only SIM2 open, atau Flight mode.

Kita bisa menyalin data Phonebook dari SIM ke ponsel dan sebaliknya, maupun antar SIM. Untuk AF808, AsiaFone menyiapkan Caller picture, Caller ring tone dan Calller video. Ada pula fitur Blacklist, tersembunyi di Call center > General call settings > Blacklist. Kita bisa memblokir panggilan dari maksimal 5 nomor.

Pembagian isi Inbox untuk SMS lumayan unik: AsiaFone membuatkan 3 tab yang terdiri dari All, SIM1 dan SIM2. Jadi kita bisa pilih mau melihat semua SMS dalam satu folder, atau menyortirnya berdasarkan SIM. Tinggal geser ke kiri atau kanan memakai navigasi kiri-kanan untuk pindah antar tab.

Seperti biasa, membalas SMS yang ada di Inbox takkan meninggalkan salinan di Outbox. Secara default, AF808 membalas sesuai SIM penerima SMS tersebut.

Audio
Menurut Sinyal, lebih menarik bila yang ditonjolkan adalah FM radio. Repotnya, ini baru berfungsi bila headset terpasang. Tapi kita tetap bisa mendengarkannya via speaker karena ada opsi Loud speaker.

Suara yang dihasilkan speaker lumayan keras. Ada tombol volume di kiri bodi untuk mengatur keras-lembut suara. Sound effect juga cukup membantu memoles suara yang dihasilkan. Yang menarik, Equalizer tersebut masih bisa di-edit lagi.

Enaknya, AsiaFone memberikan jack 3,5mm untuk headset; letaknya di kiri bodi. Ini memberi kita peluang untuk memakai headset yang lebih canggih.

Unit yang kami terima kebetulan dipasangi MicroSD berkapasitas 256MB. Namun AsiaFone menyebutkan paket penjualan akan disertai MicroSD berkapasitas 1GB. Slotnya sendiri ada di bawah slot SIM B.

Kebetulan juga Sinyal tidak dilengkapi kabel data; jadi tidak bisa menceritakan ponsel ini bisa dipakai sebagai apa jika dikoneksi ke PC. Bentuk port kabel datanya sendiri mirip USB mikro. Bentuknya yang tidak standar inilah yang menyulitkan Sinyal memakai kabel data alternatif.

Port charger juga tersendiri; letaknya dekat port kabel data. Bentuk port charger yang mirip dengan bentuk port charger Nokia (yang berujung mirip jarum tipis) pun memungkinkan kita memakai charger Nokia ketika batere sedang sekarat.

Ada kamera; namun tak disertai lampu, apalagi cermin. Foto bisa dijepret dengan Image Size maksimal 1280x960. Sementara untuk video tak ada opsi resolusi. Beberapa setting bisa disetel dengan cepat pakai keypad.

Dengan kata lain ponsel gaya untuk ngaca.

PLUS : Desain mengilap, keypad nyaman.
MINUS : Kabel data tidak standar.


Spesifikasi AsiaFone AF808
Harga : Rp.1.099.000
Jaringan : Dual GSM, GSM 900/1800 MHz
Bentuk : Bar
Dimensi : 114x49x15 mm
Bobot : 110 gram
Batere : Li-Ion 3,7V 800mAh
Waktu siaga : rata-rata 4 hari
Waktu bicara : rata-rata 3 jam
Layar : 2,1”
Memori tambahan : MicroSD 256MB
Konektivitas peranti : USB mikro, Bluetooth
Konektivitas internet : GPRS
Kamera : ada
Ringtone : Polifonik
Phonebook : 200 entri
Messaging : SMS, MMS, Chat
Aplikasi : Blacklist, Camera, Image viewer, Video recorder, Video
player, Audio player, Sound recorder, FM radio, Game
(Fruit), Calendar, To do, Alarm, Calculator, Currency
converter, E-book reader
Isi paket : Charger, headset, manual